Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Cara Memperbaiki CD/DVD Yang Tergores

CD atau DVD yang sudah lama kadang mengalami kerusakan di permukaannya, misalnya goresan sehingga susah dibaca lagi. Apabila kalau data yang ada di CD/DVD tersebut sangat penting dan belum sempat kita copy pasti kita akan merasa jengkel. Nah, Kali ini lughot akan memberikan tips untuk memperbaiki keping CD/DVD yang tergores. Sebenarnya banyak cara untuk memperbaiki atau membuat CD/DVD terbaca lagi, misal dengan air, pasta gigi, vaseline, pisang, brasso, dll. Tapi kadang-kadang dengan bahan tersebut CD/DVD masih belum bisa juga terbaca. Cara yang akan lughot ini sudah lughot buktikan hasilnya. Dan mungkin sebagian orang belum ada yang tahu.
Sebelum melakukan hal ini, perlu dicek terlebih dahulu bahwa kondisi CD-ROM atau DVD-ROM/RW kita masih bagus tidak terlalu parah goresannya atau tidak retak (pecah). Langkah-langkah yang harus sobat lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan CD/DVD yang permukaannya tergores baik sedikit atau banyak
  2. Siapkan kain, kapas atau tissu yang lembut
  3. Ambil KIT original ( KIT keluaran pertama untuk motor/ mobil)
  4. Oleskan pada kain bersih, kapas, tisu yang telah disiapkan sebelumnya
  5. Gosok secara horisontal tidak memutar
  6. Pastikan sudah tidak ada lagi KIT pada permukaan CD alias sudah kering
  7. Test CD/DVD anda
Biasanya masalah bukan hanya pada keping CD/DVD anda melainkan pada CD/DVD-ROM sobat yang mulai lemah membaca CD/DVD. Jadi pastikan CD/DVD tersebut telah dicoba pada CD/DVD-ROM yang masih bagus.

Selamat Mencoba. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menyelamatkan data anda. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...